Senin, 07 Januari 2013

PEMBUATAN MODEL DATA dan DESAIN DATABASE


1.  proses desain database
 

Tentukan tujuan dari database Anda
-         ini akan membantu mempersiapkan Anda untuk langkah-langkah yang tersisa.

Mencari dan mengatur informasi yang diperlukan
-         Kumpulkan semua jenis informasi yang Anda mungkin ingin merekam dalam database, seperti nama produk dan nomor pesanan.

Bagilah informasi ke dalam table
-         Membagi item informasi Anda ke dalam entitas besar atau subjek, seperti Produk              atau Pesanan. Setiap subyek kemudian menjadi sebuah tabel.

Blok item informasi ke dalam kolom
-         Tentukan informasi apa yang Anda ingin menyimpan di setiap tabel. Setiap item menjadi lapangan, dan ditampilkan sebagai kolom dalam tabel. Sebagai contoh, sebuah tabel Karyawan mungkin mencakup bidang-bidang seperti Nama terakhir dan Tanggal Sewa.


Tentukan kunci primer
-         Pilih kunci primer masing-masing meja. Kunci utama adalah kolom yang digunakan untuk secara unik mengidentifikasi setiap baris. Sebuah contoh mungkin Produk ID atau ID Pesanan.

Mengatur hubungan table
-         Lihatlah di setiap meja dan memutuskan bagaimana data dalam satu tabel                 berhubungan dengan data dalam tabel lainnya. Menambahkan kolom untuk tabel atau membuat tabel baru untuk memperjelas hubungan, seperti yang diperlukan.

Pertajam desain Anda
-         Menganalisis desain Anda untuk kesalahan. Membuat tabel dan menambahkan   beberapa catatan data sampel. Lihat jika Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan dari tabel Anda. Melakukan penyesuaian terhadap desain, sesuai kebutuhan.

Menerapkan aturan normalisasi
-         Terapkan aturan normalisasi data yang untuk melihat apakah tabel Anda terstruktur dengan benar. Melakukan penyesuaian table


 2. diagram hubungan entitas (erd )

Diagram E-R :
suatu tehnik grafis yang menggambarkan  skema database yang menunjukkan berbagai entitas yang dimodelkan dan hubungan antar entitas tersebut. Disamping itu juga secara grafis merupakan model suatu organisasi.

Entitas :
segala sesuatu yang informasinya ingin dikumpulkan dan disimpan dalam
organisasi. Dalam diagram E-R digambarkan dalam bentuk persegipanjang




3.MODEL DATA REA

Model data REA :
model data yang digunakan untuk mendesain database secara konseptual dengan cara mengidentifikasikan entitas apa saja yang seharusnya dimasukkan kedalam database
dan menentukan bagaimana membuat struktur antar entitas dalam database tersebut.

Jenis-jenis entitas :
1. R = Resources (sumber daya)
adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi.

2. E = Event (kegiatan)
adalah berbagai aktivitas bisnis yang dilakukan yang informasinya ingin dikumpulkan perush untuk tujuan perencanaan dan pengendalian

3. A = Agent (pelaku)
adalah orang-orang yangn terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin didapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian dan evaluasi.  

Di dalam kegiatan terdapat dua kategori hubungan yaitu:

a. Dualitas ekonomi (pertukaran ekonomi) :
hubungan kegiatan yang jika perusahaan ingin memperoleh suatu sumberdaya maka harus memberi sumberdaya yang lain dan sebaliknya.

b. Komitmen :
janji yang diberikan perusahaan kepada pihak lain untuk melakukan pertukaran ekonomi dimasa datang.

Diagram REA :
adalah diagram E-R yang menggambarkan entitas sumber daya, kegiatan dan pelaku dan menunjukkan hubungan antar entitas-entitas tersebut.

CONTOH DIAGRAM REA/ POLA DASAR REA

MEMBANGUN DIAGRAM REA UNTUK SATU SIKLUS

Terdiri dari empat langkah/tahap yaitu :

1. Identifikasi kegiatan pertukaran ekonomi
2. Identifikasi sumber daya dan pelaku
3. Masukkan kegiatan komitmen
4. Menetapkan kardinalitas hubungan.

Sumber :

2 komentar: